Cipanasfarm Mursa Plastik

cipanasfarmMenurut cipanasfarm untuk memaksimalkan hasil pertanian ada banyak cara yang bisa di lakukan yaitu dengan penggunaan mulsa plastik hitam perak (MPHP) atau yang lebih dikenal dengan mulsa hitam. Penggunaan mulsa plastik ini sudah banyak dilakukan oleh para petani mengingat kepraktisannya dan juga lebih efektif menjaga tanaman dari serangan gulma. Walaupun sudah banyak yang memakai mulsa plastik namun ada pula petani yang tidak menggunakannya dengan berbagai macam alasan salah satunya yaitu untuk bisa lebih menghemat biaya. Hal ini tentu tidak mengherankan mengingat harga 1 roll mursa bisa mencapai 200 ribuan bahkan lebih. Biasanya satu roll mursa itu bisa digunakan untuk 700 – 800 batang cabai, sudah bisa di bayangkan bukan berapa keuntungan yang bisa di dapat ketika para petani tidak menggunakan mursa.

Cipanasfarm Menanam Tanpa Mulsa Plastik

Akan tetapi yang perlu diingat berdasarkan cipanasfarm ketika petani tidak menggunakan mursa ada beberapa hal yang mungkin saja rentan terjadi. Hal pertama adalah tanaman akan mudah terkena serangan penyakit, pada musim kemarau karena tidak ada perlindungan dari mulsa plastik tanah akan menjadi cepat kering dan pada musim penghujan tanah akan berubah menjadi terlalu lembab. Hal lainnya yaitu tanaman membutuhkan perawatan yang lebih sering dan juga lebih ekstra di bandingkan yang menggunakan mulsa. Walaupun begitu ada pula beberapa kelebihan penanaman tanpa menggunakan mulsa. Biaya dan modal usaha awal lebih sedikit karena berkurangnya biaya untuk pembelian mulsa tadi. keuntungan yang kedua adalah lahan tetap lembab meskipun curah hujan sedikit. Pengendalian hama berupa jangkrik mudah untuk dilakukan mengingat tidak ada tempat untuk bersembunyi dan tanaman menjadi lebih kokoh karena adanya proses penyiangan tadi.

Perawatan yang biasa dilakukan untuk tanaman tanpa mulsa plastik salah satunya bisa dilihat di cipanasfarm yaitu dengan cara rutin merawatnya mengingat akan banyak sekali gulma dan juga penyakit jamur yang mudah menyerang. Sebelum melakukan penanaman usahakan mengolah tanahnya terlebih dahulu sebelum akhirnya siap untuk ditanami. Jangan lupa untuk membuat bedengan agar proses pengairan menjadi lebih mudah dan hindari bentuk lahan yang datar karena akan menciptakan genangan air.

Related posts: